Cara Screenshot di Laptop Asus Termudah

dk0drugs.com – Pernahkah Anda merasa kesulitan saat ingin menulis rumus atau tulisan lainnya? Nah, agar lebih mudah biasanya kita akan meng-screenshot-nya, bukan? Aktivitas screenshot ini sudah menjadi agenda wajib untuk pengurus dokumen, blogger, mahasiswa, pelajar, dan lainnya. 

Apabila Anda adalah pengguna laptop Asus, yuk simak ulasan di bawah ini tentang bagaimana cara screenshot di laptop Asus dengan mudah :

1. Menggunakan keyboard

Terdapat tiga cara apabila pengguna ingin menggunakan keyboard saat ingin screenshot tampilan pada laptop Asus. Cara pertama, tekan prt sc sysrq pada keyboard nomor 3 sebelah kanan. Setelah itu, pengguna bisa melihat hasilnya di salah satu program office atau grafis, misalnya di Microsoft Word, Paste hasilnya dan pengguna bisa mengeditnya juga. 

Cara yang kedua, gunakan tombol print secreen dan tombol berlogo windows secara bersamaan hingga layar berkedip. Kemudian buka folder screenshot pada folder picture. Disitulah hasil screenshot tersimpan. 

Cara ketiga adalah dengan menggunakan prt sc sysrq bersamaan tombol Alt. Kemudian buka di program office, lalu paste hasil screenshot pengguna. Apabila pengguna menggunakan cara ini, bagian yang terscreenshot hanya bagian aktif saja, sedangkan untuk taskbar windows tidak. 

2. Menggunakan Snipping Tool

Snipping tool adalah program bawaan dari Windows. Meskipun banyak yang belum mengetahui keberadaan program ini, namun aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang mudah untuk digunakan. Apabila ingin meng-capture menggunakan program ini, pengguna bisa langsung mengedit hasil capture, misalnya memberi highlight, tulisan, dan menyimpan. 

Tahapan untuk menggunakannya pun cukup mudah. Buka aplikasi snipping tool, lalu pilih menu New. Klik mouse sebelah kiri, tahan, dan tarik pada area yang diinginkan. 

3. Menggunakan Lightshot 

Sama halnya dengan snipping tool, alat tersebut berupa aplikasi. Sayangnya Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Ukuran lightshot tersebut sangat ringan, yakni hanya 2,7 MB saja. Setelah anda menginstalnya, jangan lupa untuk mengaktifkan lightshot. 

Tahapan menggunakannya dengan menekan tombol print screen pada keyboard, lalu arahkan kursor ke tampilan yang diinginkan. Lalu, Anda dapat mengedit atau menyimpannya langsung sesuai dengan keinginan. Anda juga dapat membatalkan dengan klik tanda silang pada pojok kanan bawah. 

4. Jing

Aplikasi ini memiliki fitur yang hampir sama dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Namun keunggulannya adalah bisa merekam tampilan layar selama 5 menit. Untuk menggunakannya, klik menu Capture Video.

5. Schirmfoto

Schirmfoto dapat menyimpan hasil screenshot dalam resolusi yang tinggi. Terdapat pula pilihan format seperti JPG, PNG, dan PDF. Anda dapat merekam video tampilan layar. Selain itu, pengguna juga bisa mengedit dan menambahkan watermark sendiri. Ukuran aplikasi ini pun sangat ringan, yaitu hanya sekitar 5 MB. 

Baca Juga : 7 Cara Ngilangin Bekas Jerawat Secara Cepat dan Aman

Nah, itulah beberapa cara screenshot di laptop Asus. Sekarang Anda dapat dengan mudah mengerjakan tugas atau lainnya, bukan? Semoga informasi ini bermanfaat!